Bacaan, artinya, hukum bacaan, beserta kandungan Q.S Al Maidah ayat 48

Bacaan Q.S Al Maidah ayat 48 :



Bacaan Latin Q.S Al Maidah ayat 48 :


Waanzalna ilayka alkitaba bialhaqqi musaddiqan lima bayna yadayhi mina alkitabi wamuhayminan AAalayhi faohkum baynahum bima anzala Allahu wala tattabiAA ahwaahum AAamma jaaka mina alhaqqi likullin jaAAalna minkum shirAAatan waminhajan walaw shaa Allahu lajaAAalakum ommatan wahidatan walakin liyabluwakum fee ma atakum faistabiqoo alkhayrati ila Allahi marjiAAukum jameeAAan fayunabbiokum bima kuntum feehi takhtalifoona

Arti Q.S Al Maidah ayat 48 :

Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu.

Kosakata Q.S Al Maidah ayat 48 :



Hukum Bacaan Q.S Al Maidah ayat 48 :


وَأَنْزَلْنَا = ikhfa haqiqi
إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ = alif lam qomariyah
مُصَدِّقًا لِمَا = idhgam bilagunnah
وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ = idzhar halqi
ۖفَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَ = ikhfa syafawi
ا أَنْزَلَ اللَّهُ = ikhfa
ۖوَلَا = mad tabi'i
تَتَّبِعْ أَهْوَاءَ = mad wajib muttasil
هُمْ عَمَّا = idzhar syafawi
جَاءَكَ  = mad wajib muttasil
مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ = mad iwadh
تَخْتَلِفُونَ = mad aridh lissukun

Atau :

Mad layyin : ilaika
aliflam qomariyah : al kitaab
idgam bilagunnah : mushodiqollimaa
ikhfa syafawi : fahkum bainakum
mad wajib : ahwaahum
ikhfa : minkum
idzhar syafawi : munkum syir'ah
madthobii : khoiroot

Isi Kandungan Q.S. Al Maidah 48 :


  • Kitab suci Al-Qur'an adalah kitab suci yang turun terakhir, namun memiliki kemuliaan dan keistimewaan yang luar biasa jika dibandingkan dengan kitab-kitab sebelumnya. 
  • Kemuliaan dan keistimewaan kitab suci Al-Qur'an adalah isinya paling sempurna, berlaku sepanjang zaman dan terjaga keasliannya. 
  • Keragaman agama yang ada di dunia ini diberikan oleh Allah dengan tujuan untuk menguji kemampuan manusia dalam memilih dan menerima kebenaran. 
  • Semua manusia dengan kemampuan dan fasilitas yang tersedia harus dipergunakan untuk berlomba-lomba dalam melaksanakan kebaikan.

2 Responses to "Bacaan, artinya, hukum bacaan, beserta kandungan Q.S Al Maidah ayat 48"