Tutorial dari Aplikasi doPDF dan Contoh Penggunaanya .

doPDF, Cara Cepat Convert Dokumen ke PDF


 Aplikasi ini bernama doPDF, yang tentunya dapat di-downwload dengan gratis dan kompatibel dengan semua versi windows mulai dari Windows 7, Vista, XP, 2008/2003/2000 Server. Dan jangan lupa juga aplikasi ini juga kompatibel dengan windows 64 bit.
Berikut tutorial bagaimana cara membuat file PDF menggunakan doPDF :

Pertama : Download aplikasinya terlebih dahulu official website doPDF.

Kemudian lakukan instalasi seperti yang saya contohkan di bawah ini : 

1. Buka file yang sudah didownload , Klik 2x pada file tersebut kemudian setelah muncul kotah dialog Run Program , kita klik Run .

2. Pilih pilihan bahasa yang akan kita gunakan , setelah itu bisa langsung klik OK .
3. Pada tampilan selanjutnya kita harus menyetujui lisensi yang sudah diberikan , centang pada I accept the agrements lalukita bisa klik Next .

 4. Pada tampilan selanjutnya akan diminta tempat kita melakukan instalasi , bila kita klik Next maka akan otomatis software tersebut terinstall di Drive :C pada direktori Program Files

 5. Pada tampilan selanjutnya kita centang pada set doPDF 7 printer .... , kemidian kita klik Next 

 6. Kita diminta untuk memilih pengaturan bahasa , kita bisa klik Next saja .



 7. Klik Install , maka proses intalasi dari Software tersebut akan berlangsung .

8. Softare sudah terinstall , kita klik Finish

9. Untuk mengecek apakah software itu sudah terinstall , kita bisa lihat di Device and Printer.

 Mencoba mengprint file dari web browser : 

1. Buka sebuah web browser . kemudian buka salah satu halaman yang diinginkan coba print halaman tersebut dengan menekan Ctrl+P , kemudian pilih name printernya , Pada sesi ini kita pilih nama pniter : doPDF v7 . kemudian klik OK ,

  
2. Setelah muncul tampilan di bawah ini kita pilih lokasi tempat file PDF itu akan disimpan , kemudian kita klik OK . tunggu proses penyimpanan file tersebut yang kan dibuat dalam bentuk PDF.

 
3. Secara otomatis file PDF yang kita simpan itu maka akan langsung terbuka . Kita lakukan pninting file tersebut memalui PDF nya .pilih File kemudin Print / tekan Ctrl+P pada keyboard. Maka akan muncul tampilan berikut .

 
4. Pada tampilan tersebut kita pilih printer yang akan kita gunakan untuk print file tersebut misalnya : ........  Stylus Photo 1234 xxx . kemudian Klik ok untuk memulai printing file tersebut . 

5. Untuk mengecek apakah file yang kita buat telah tersimpan di komputer kita kita tinggal mencari tempat file itu disimpan misalnya :C pada direktori My Documents dsb .



Sekarang, dokumen yang anda miliki telah tersaji dalam bentuk PDF. Anda juga bisa melakukannya pada semua dokumen dalam format apapun.

Kesimpulan :

Software doPDF akan membuat sebuah virtual printer yang dapat anda gunakan untuk merubah dokumen menjadi format PDF dengan cepat dan mudah. Hanya perlu memilih doPDF pada saat menge-print file dan memilih lokasi dimana anda ingin menyimpan file PDF. Silahkan mencoba dan semoga berhasil! :)

0 Response to "Tutorial dari Aplikasi doPDF dan Contoh Penggunaanya ."

Posting Komentar